Salafy Temanggung
Salafy Temanggung oleh Abu Hafshah Faozi

sebab kebodohan dalam urusan agama

18 hari yang lalu
baca 1 menit
Sebab Kebodohan Dalam Urusan Agama

Ibnul Jauzi rahimahullah mengingatkan kita akan bahaya jauh dari ilmu agama dan orang-orang yang berilmu. Beliau menegaskan bahwa kebodohan semakin berkuasa ketika seseorang menjauh dari sumber pengetahuan agama dan para ulama.

Ibnul Jauzi rahimahullah menyatakan,

البُعد عن العِلم والعُلماء يُقوّي سُلطانَ الجَهل

“Jauh dari ilmu agama dan orang-orang yang berilmu akan semakin membuat kebodohan berkuasa.” Talbis Iblis 1/135

Hal ini mencerminkan pentingnya memperoleh pengetahuan agama dan terus belajar dari para ulama yang telah mendalami ilmu agama. Kebodohan dalam urusan agama dapat menyebabkan kesalahan dalam ibadah, penafsiran yang keliru terhadap ajaran Islam, serta penyebaran ilmu yang tidak benar atau bahkan bertentangan dengan nilai-nilai agama.

Dengan memahami ajaran agama secara benar melalui belajar dan berkonsultasi dengan orang-orang yang berilmu, kita dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat membahayakan keimanan dan peribadatan kita.

Dalam berinteraksi dengan sesama, kita dituntut untuk memilih teman-teman yang saleh. Dan secara khusus orang-orang yang berilmu. Mereka lah yang akan mengajari, membimbing, menasehati dan memberikan contoh serta pengaruh yang baik dalam kehidupan seorang muslim. Ini semua menggambarkan pentingnya selalu dekat dan bergaul dengan orang-orang yang berilmu. Allahu a’lam

Oleh:
Abu Hafshah Faozi